Adakah yang tidak kenal sepak bola? Mungkin kita tidak akan menemui orang yang menjawab ada.

Konon ceritanya sejarah sepak bola dimulai di negeri Tiongkok sekitar abad ke-2 sebelum masehi. Meskipun demikian sepak bola modern seperti yang kita kenal sekarang ini pertama kali dimainkan di Inggris pada pertengahan abad ke-19.



Dari yang awalnya hanya sekedar main-main  kini sepak bola digemari seluruh kalangan masyarakat. Lalu mengapa hal itu bisa terjadi? Banyak alasan yang mungkin bermunculan.

Sepak bola itu olahraga yang sederhana, bebas, terjangkau, merakyat, variatif, dan menyenangkan.

Hanya dengan melihat permainan sepak bola beberapa menit saja, seorang pemula bisa dengan mudah memahami permainan sepak bola. Bagaimana tidak, tujuan utama dalam permainan ini adalah memasukan bola berdiameter sekitar 22 cm ke gawang yang berukuran 7,32 m × 2,24 m. Bandingkan saja dengan basket, dimana bola dengan diameter 25 cm harus dimasukkan  ke dalam ring dengan diameter 45 cm. Jelas sekali bukan?

Begitu juga misalnya dengan olahraga bola voli. Kita harus menjaga bola agar tidak jatuh di lapangan sendiri dengan maksimal 3 kali sentuhan dan setiap pemain tidak diijinkan menyentuh bola dua kali secara berurutan. Sepak bola jauh lebih bebas. Kita diperbolehkan membawa bola ke sudut lapangan manapun, bola berapapun lamanya kita mampu tanpa memperhitungkan banyaknya sentuhan dengan bola.

Sepak bola juga bukanlah olahraga yang membutuhkan banyak uang. Dengan modal sebuah bola sepak, sepetak tanah lapang, dan sepasang gawang, sebanyak duapuluh dua orang bisa ikut bermain bersama. Bandingkan dengan bulu tangkis atau tenis lapangan. Dengan dua buah raket, sebuah net, dan shuttlekock/bola, hanya dua orang saja yang bisa merasakan bermain bersama. Sepasang raket bukanlah benda yang murah. Namun sebuah bola sepak bukan benda yang mahal jika dibebankan kepada duapuluh dua orang. Sepak bola jadi lebih mudah dilakukan oleh siapapun dan dimanapun.

Inilah kenapa sepak bola lebih mudah diterima masyarakat.Tidak peduli dari lapisan masyarakat mana mereka berasal.

Permainan sepak bola selalu menyuguhkan hiburan. Keindahan-keindahan dari lapangan hijau selalu membawa kesenangan. Bukan hanya untuk pelakunya tetapi juga untuk pemirsanya. Jika hanya dengan menyaksikan Lionel Messi melewati bek-bek lawan, Ronaldo mencetak gol dengan tendangan gledeknya, atau Ibrahimovic yang mencetak gol dengan tendangan akrobatiknya kita sebagai penonton sudah merasa senang dan  terhibur, apalagi jika kita sendiri yang melakukannya. Selalu ada kesenangan di dalam sepak bola.


Alasan-alasan itu bisa sedikit menjawab pertanyaan mengapa sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia. Sepak bola seolah-olah memiliki roh yang membuatnya lebih mudah diterima, disenagi dan dicintai oleh banyak orang.